Kamis, 28 Februari 2013

About Batik


Hai bloggers, berhubung ini entri masih seumur cabe rawit sesuai judul blog kita, sekarang kita akan membahas tentang batik. yeah, apa sih yang kalian tahu tentang batik? sejauh mana kalian tahu tentang batik?

Seperti yang kita ketahui Indonesia merupakan Negara yang beraneka warna dan  mempesona, maksudnya adalah Indonesia merupakan Negara yang kaya akan budaya, seni, suku, makanan, dsb. Diantara keaneka ragaman yang penuh warna itu, Indonesia juga memiliki karya seni yang unik, namanya adalah batik. Batik merupakan salah satu budaya negara Indonesia. Bukan sekedar budaya, tapi budaya luar biasa yang indah. budaya yang memiliki banyak sejarah yang menceritakan sejerah rakyat Indonesia dari generasi ke generasi.

 Biasanya batik menceritakan tentang kegiatan, kebiasaan, atau ciri kas yang dimiliki suatu daerah di Indonesia, semuanya terlukis diatas sebuah kain katun / sutera putih yang polos. Dan dalam tangan tangan para pengrajin Indonesia yang luar biasa, kain putih itu berubah menjadi sebuah seni bernilai tinggi yang menjadi salah satu ciri kas Indonesia diantar seni dan budaya yang lainnya.

Batik juga memilik motif dan corak corak yang unik. Didalam corak yang terlukis indah, batik menjadi sebuah alat penghubung yang menceritakan maksud dari corak yang tergambar indah diatas kain katun/ sutera.

Hingga sekarang, semua corak corak batik itu masih setia menghias Negara ini, menceritakan semua kisah hidup rakyat Indonesia, menjelaskan cirri kas suatu daerah di Indonesia, semuanya tersusun rapi, dalam kain – kain yang terlukis indah. Sekarang kita tengok pada jaman ini. Masihkah kita sebagai bangsa Indonesia melestarikan batik? Atau justru kita malah merasa malu dengan batik itu sendiri? Tentu saja tidak, atau mungkin iya? Lalu bagaimana buktinya? Dan dipihak mana kalian berdiri? Melestarikan batik? Mengenalnya? Atau mengikuti motif – motif kain yang ada saat ini? Padahal, batik juga tidak hanya dapat ditorehkan diatas kain karna seperti yang kita tau saat ini batik mulai dikreasikan diatas berbagai macam benda. Seperti mebel, helm, sepatu, tas, kendi dan benda lainnya. Motif batik pun akhir-akhir ini tidak hanya terpaku pada motif dari zaman terdahulu (?) tetapi mulai mengikuti teknologi yang ada. Sayangnya, anak muda sekarang tidak terlalu tertarik dengan budaya indonesia salah  satunya batik itu sendiri. tapi seperti yang kita tau anak muda sekarang tidak semuanya berlaku seperti itu karna masih banyak anak muda yang berkreasi dengan motif batik. Dan sekarang juga sudah banyak yang mengedarkan batik yang motif modern terutama bagi remaja dan anak-anak, sehingga batik yang tradisional dari daerah-daerah indonesia sendiri anak muda pun tidak bisa mengetahuinya atau mengenal batiknya sendiri terutama dari daerah-daerah seperti batik jawa, kalimantan dan lain-lain. Anak muda pun tidak bisa membedakanya.

Jadi buat readers semua, marilah kita mencoba mengenal budaya tanah lahir kita, salah satunya adalah budaya batik. karna batik bukan hanya budaya jaman lampau, melainkan sebuah seni yang terus berkembang dari tahun ketahunnya, untuk memikat para pemuda pemudi Indonesia, agar kita sebagai generasi muda terus melestarikan dan menjaganya sebagai budaya yang berasal dari tanah lahir kita yaitu, Indonesia.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar