Kamis, 28 Februari 2013

Pict. Alat Dan Bahan Berbatik


Hai readers, ketemu lagi nih. Karna tadi saya abis bolak balik dari mbah gugel buat search tentang alat dan bahan dalam berbatik alias membatik.. Jadi, kali ini saya pengin share pict setelah kemarin kami sempat posting tentang cara membuat batik. Tentunya ketika kita ingin membuat batik membutuhkan alat dan bahan bukan? Mungkin diantara kalian masih ada yang asing atau bingung dengan wujud si alat dan bahan itu. Maka kami harap dengan pict yang kami posting  ini, dapat menambah informasi / ilmu kalian.


Alat dan bahan pembuatan batik :
1.       Kain sutera / katun
2.       Canting : alat pembentuk motif
3.       Malam : lilin yang dicairkan
4.       Gawangan : menaruh kain yang mau dibatik
5.       Dingklik : tempat duduk untuk si pembatik
7.       Pewarna pakaian (untuk mewarnai kain batik)


Ini adalah Panci dan kompor yang berfungsi untuk memanaskan lilin malam



Dan inilah yang dinamakan gawangan fungsinya untuk  menaruh kain yang akan dibatik, agar dapat mempermudah pengrajin batik saat melukis batik.


Kalau ini adalah lilin malam. Fungsinya sebagai tinta saat melukis batik, tetapi sebelum menggunakannya lilin malam harus dicairkan terlebih dahulu dalam suhu 60 - 70 derajat.



Dan ini adalah salah satu contoh lilin malam yang sudah dicairkan



Kalau yang ini adalah canting, ini adalah alat yang digunakan untuk melukis dalam membatik.




Matur suwun untuk kunjungan para readers sekalian, semoga informasi yang kami berikan dapat bermanfaat untuk kalian semua. Dan tetap semangat untuk melestarikan budaya kita yang satu ini yaitu, batik. Terus semangat untuk tetap berbatik.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar